20 Manfaat Luar Biasa yang Didapat dari Berhenti Meminum Kopi atau Kafein

Berhenti Meminum Kopi atau Kafein

20 Manfaat Luar Biasa yang Didapat dari Berhenti Meminum Kopi atau Kafein

Miliaran orang di seluruh dunia meminum kopi atau kafein setiap hari. Meskipun kafein secara umum diterima aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, ada beberapa manfaat kuat untuk menghentikan kebiasaan dan berhenti meminum kopi atau kafein, minuman energi, teh, soda, dll.

Baca Juga: Kopi dan Teh Sebenarnya Tidak Membuat Dehidrasi, Inilah Sebabnya

1. Hentikan Kecanduan

Bagi kebanyakan orang, kafein adalah zat adiktif sampai taraf tertentu, meskipun beberapa akan menggambarkannya bahkan akan membuat ketagihan. Miliaran orang di seluruh dunia meminum kopi atau kafein setiap hari. Ketergantungan pada suatu zat berfungsi secara normal atau bahkan tetap terjaga menjadi Kafein sehingga otak kita membutuhkan lebih banyak zat untuk mencapai efek yang diinginkan.

Berhenti mengonsumsi kafein atau kopi dapat mematahkan siklus dan membebaskan kita dari kebutuhan obat harian agar berfungsi secara normal.

2. Tabungan Finansial

Biaya kecanduan kafein dapat benar-benar bertambah, sehingga ribuan dolar per tahun dapat dihemat dengan secara berhenti.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda beberapa poin dan bahkan lebih pada beberapa orang

4. Tidur Lebih Baik

Kafein dapat sangat mengurangi jumlah dan kualitas tidur seseorang Meminum kopi atau minuman berenergi terlalu sore dapat mengganggu tidur dengan cepat karena paruh kafein adalah 4-6 jam. Bahkan orang yang tidak mengonsumsi kafein setelah jam dua belas siang dapat tidur lebih baik setelah berhenti mengonsumsi kafein.

Baca Juga: Kopi dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

5. Suasana Hati yang lebih baik

Kafein mengubah suasana hati banyak orang menjadi pemarah sampai mereka meminum kopi di pagi hari dan akan merasa lesu ketika kafein mulai hilang di sore hari.

Mungkin di sekitar orang yang pemarah belum memiliki kafein. Medical Daily melakukan pekerjaan yang baik untuk merangkum penelitian di balik ini.

6. Mengurangi Kecemasan

Banyak orang melaporkan bahwa kafein meningkatkan tingkat kecemasan mereka. Ini ada hubungannya dengan bagaimana kafein mempengaruhi reseptor adenosin di otak kita dan karena kafein merangsang kelenjar adrenalin.

Berhenti minum kopi atau kafein dapat membuat Anda akan merasa cemas, terutama jika Anda rentan terhadap masalah kecemasan.

7. Mengalami sedikit sakit kepala

Kafein merupakan pemicu utama sakit kepala. Perubahan apa pun dalam konsumsi kafein harian anda yang normal dapat menyebabkan sakit kepala penarikan kafein. Kafein juga bisa menjadi pemicu migrain sehingga orang yang rentan terhadap migrain harus menghindari kafein.

Baca Juga: Orang-orang Mencampurkan Kolagen ke Dalam Kopi Mereka untuk Mencegah Keriput

8. Kenyamanan

Bayangkan jika tidak pernah mampir di starbucks dalam perjalanan ke tempat kerja ?

Bayangkan jika tidak pernah mampir ke minimarket untuk membeli Red Bull ?

Bayangkan jika tidak ada kopi dari rutinitas pagi anda ?

Bayangkan perjalanan backpacking tanpa mengemas pil kafein atau peralatan membuat kopi ekstra berat ?

Kecanduan kopi, minuman energi, atau soda menciptakan ketidaknyamanan dalam hidup kita karena kita harus memiliki obat agar berfungsi secara normal.

9. Lebih sedikit pergi ke kamar mandi

Minuman berkafein menyebabkan kita buang air kecil lebih sering dan pada beberapa orang bahkan dapat menyebabkan inkontinensia. Kafein juga merangsang jaringan otot usus besar yang menyebabkannya berkontraksi. Ini bisa jadi menantang selama rapat, perjalanan, atau ketika kamar mandi tidak nyaman. Berhenti merokok dapat mengurangi kebutuhan untuk menggunakan kamar mandi sesering mungkin, terutama di pagi hari.

Baca Juga: 20 Lagu Terbaik di Tahun 2019

10. Gigi Lebih Sehat

Kopi dan teh noda gigi dan minuman energi asam & manis atau soda mengikis enamel gigi yang menyebabkan kerusakan gigi lebih mudah. Menghilangkan minuman ini menghasilkan gigi yang lebih putih dan sehat.

11. Penurunan Berat Badan

Kecuali anda minum kopi hitam. Minuman berkafein umumnya menambah kalori kosong ke dalam diet kita yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Banyak ahli mengatakan bahwa minuman manis adalah komponen besar dari epidemi obesitas yang menjangkiti dunia barat

Sebuah penelitian dari Victoria University menemukan bahwa ketika kafein ada dalam minuman bergula itu menyebabkan orang mengonsumsi lebih banyak minuman manis itu dibandingkan dengan minuman manis tanpa kafein.

12. Diet Sehat

Kopi botolan, teh, minuman berenergi, dan minuman soda yang mengandung bermacam-macam bahan pengawet yang dapat membuat umur pendek. Pengawet ini dapat memiliki efek kesehatan yang merugikan dan beberapa bahkan dilarang oleh beberapa negara. Minuman energi bebas gula dan soda mengandung pemanis buatan yang juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita. Menghilangkan dari diet anda dapat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang secara keseluruhan.

Baca Juga: Gejala Overdosis Kafein: Tanda, Kasus, dan Pencegahan

13. Lingkungan Lebih Bersih

Kecanduan kafein sangat mengganggu sumber daya alam kita. Pikirkan saja jumlah botol plastik, kaleng, dan cangkir yang harus diproduksi untuk memenuhi permintaan. kafein muncul dalam persediaan air kota karena semua ampas kopi yang dibuang. Berhenti mengonsumsi kafein mengurangi jejak lingkungan Anda.

14. Kafein Akan Bekerja Lagi

Mengkonsumsi kafein setiap hari dengan cepat menyebabkan tubuh manusia membangun toleransi terhadap obat. Dosis kafein yang sama kemudian menyebabkan seseorang untuk mencapai rasa normal daripada perasaan euforia seperti dulu. Berhenti mengatur ulang toleransi kafein tubuh Anda, memungkinkannya bekerja dengan sangat baik pada saat Anda benar-benar membutuhkannya.

15. Kemungkinan Interaksi Obat

Kafein dapat berinteraksi dengan obat lain yang menyebabkannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Memberi kafein menghilangkan risiko ini.

16. Tidak Ada Kegelisahan Lagi

Salah satu efek samping utama dari konsumsi kafein atau kopi adalah kegugupan atau tangan gemetar. Mulai dari menjengkelkan hingga melemahkan bagi sebagian orang. Berhenti bisa membuat Anda kembali dengan tubuh sehat.

17. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kafein merangsang otot jantung yang menyebabkannya berdenyut dengan kontraksi yang lebih kuat. Meskipun ini tidak bermasalah bagi kebanyakan orang, mereka yang memiliki kondisi jantung yang mendasarinya bisa beresiko. Orang-orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka bahkan memiliki kelainan jantung sampai mereka mulai mengonsumsi kafein dan kerusakan telah terjadi.

Baca Juga: Fakta, Penggunaan, Efek Samping dari Kafein

18. Peningkatan Produktivitas

Apa yang akan anda lakukan dengan satu jam ekstra setiap hari? Mereka yang kecanduan kafein dapat dengan mudah menghabiskan waktu satu jam mengantri di kedai kopi, melakukan perjalanan ke ruang istirahat berbicara dengan rekan kerja di sepanjang jalan, dan berhenti di toko-toko. Selain itu, kafein efek produktivitas menyediakan dengan cepat berkurang jika anda kecanduan. Waktu yang dihemat bisa digunakan untuk jam tidur tambahan sebagai gantinya!

19. Mengurangi resiko diabetes

Walaupun kopi hitam sebenarnya telah terbukti mengurangi resiko diabetes, minum kopi manis dan minuman berkafein sebenarnya meningkatkan resiko diabetes.

20. Kesehatan yang lebih baik

Banyak penelitian menunjukkan manfaat kesehatan dari kopi dan teh karena sifat antioksidannya. Namun, ini tidak berlaku untuk semua minuman berkafein. Soda, minuman berenergi, dan produk kopi dan teh olahan kemungkinan besar berdampak negatif pada kesehatan jangka panjang Anda.

Orang yang minum air putih lebih banyak energi alami, perasaan sehat yang lebih baik secara keseluruhan, tidur yang lebih baik, dan kulit yang lebih sehat. Meskipun kopi tinggi antioksidan, akan lebih baik makan lebih banyak blueberry atau makanan bergizi lainnya dan fokus pada diet sehat secara keseluruhan.